Friday, July 21, 2017

#SentuhanPenuhHarapan

Memiliki seorang anak adalah hal yang sangat aku tunggu, sehingga ketika pertama kali melihat Srestha dan Schalea lahir, aku merasa sangat terharu, bangga, senang, deg-degan, semua jadi satu. Berasa langsung banyak pikiran, bisa nggak ya ngurus anak-anak dengan baik, jadi ibu yang baik buat mereka, and the list goes on.... hahaha! itu emang udah pasti jadi drama mamak-mamak baru ya.. apalagi pas pertama kali menyentuh anak.. rasanya tuh kayak.. udah beramal sebanyak apa gue sampe bisa dikasih blessing seindah ini?!
Ternyata, fase neonatal – 28 hari pertama seorang anak – itu penting banget lho! selama fase itu, bayi berkembang dan alami perubahan lingkungan yang drastis banget, makanya di fase itu bikin bayi jadi rentan. Menurut data dari WHO tahun 2015, ada 70.000 bayi di Indonesia yang meninggal sebelum usia 28 hari. kebayang nggak sedihnya kayak apa huhuhu.. dan ternyata, salah satu faktor kematiannya itu karena kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit bayi. jadi ya perawatan kulit bayi itu emang penting banget.. selain itu, sentuhan ibu selama masa neonatal nggak kalah pentingnya, bisa memperlancar peredaran darah bayi dan meningkatkan imunitas bayi. makanya niih.. aku nggak pernah nyepelein waktu buat anak-anakku. quality time sama mereka itu penting banget.



Naah.. aku punya sedikit tips nih buat buibuk sekalian. untuk mempererat bonding antara ibu dan anak, kita bisa rajin-rajin pijat bayi kita, karena ternyataaaaaa... pijat bayi itu manfaatnya banyaaak banget. pijat bayi bisa nurunin produksi hormon stressor (jadi bayi happy terus!), bantu bayi untuk relaksasi, bantu redakan ketidaknyamanan bayi (misalnya pas kolik, tumbuh gigi), mengatasi gangguan tidur, bikin tidur bayi lebih nyenyak dan lama (ini juga bagus untuk perkembangan memorinya!), bantu mengatur sistem pencernaan, memperbaiki sistem imun, dan yang tadi udah aku sebutin, memperkuat bonding antara ibu dan anak.
Kebanyakan ngasih tau manfaat sampe lupa ngasih tips nih :p jadiii kalo mau pijat bayi, aku sarankan utk cari alas yang lembut dan rata biar bayinya nyaman, nah jangan lupa buibuk sebelum pijat cuci tangan dulu yang bersih, dan jangan sampe pijatnya di ruangan yang dingin yah! pijatnya dimulai dengan sentuhan yang ringan dan perlahan yaa, pakai baby oil atau baby lotion (kalo aku lebih prefer lotion karena biar sekalian jaga kelembaban kulit anak-anak), naah.. kalo si bayi kelihatan nyaman, baru ditingkatkan. selama pijat, pastikan posisi bayi nyaman, dan jangan lupa untuk kontak mata sama bayinya. biar bayi lebih rileks, pasang lagu yang lembut, atau dinyanyiin pelan-pelan. setelah pijat, mandiin deh pake air hangat. nikmat.
Nah sekarang aku mau ajak buibuk sekalian untuk berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, gampang banget kok! setiap pembelian minimum Rp25.000,- produk Johnson’s Baby jenis apapun di AlfaMart, buibuk udah berdonasi Rp500,- ke Save the Children. Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu @johnsonsbaby_id (Instagram), @JohnsonsBaby_ID (Twitter) dan https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia (Facebook).


Much much much lovessss for the babies! <3

No comments:

Post a Comment